JudulAnalisis Penalaran Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Torue |
Nama: Ni Komang Tri Rahayu |
Tahun: 2019 |
Abstrak Kata Kunci: Analisis, Penalaran, Konsep Fisika Kemampuan dalam menggunakan penalaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran di sekolah dan di kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan jika seseorang memiliki penalaran matematis yang baik maka dia akan mampu berpikir secara logis serta pemikiran siswa mengenai ide dan hubungan fisika yang dapat memperluas pertanyaan terhadap fisika yang dipelajarinya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya nilai fisika siswa ialah kemampuan penalaran dalam mempelajari fisika. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat penalaran konsep fisika pada siswa kelas X SMAN 1 Torue. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis pada konsep fisika. Subyek penelitian ini sebanyak 9 orang siswa. Setiap 3 siswa mewakili masing-masing kriteria kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman, meliputi tiga kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemampuan penalaran dapat diketahui dari soal tes berupa soal esay yang dipadukan dengan hasil wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa pada kriteria kelompok tinggi hanya mencapai 55%, pada kriteria kelompok sedang hanya mencapai 59.2%, sedangkan pada kriteria kelompok rendah mencapai 47.5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa pada konsep fisika masih tergolong kurang. |