Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Miskonsepsi Siswa Tentang Materi Gerak Dan Gaya Dengan Menggunakan Teknik Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 1 Palu
Nama: SEPTIAWAN CAHYONO
Tahun: 2022
Abstrak
Septiawan Cahyono (2021) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Tentang Materi Gerak dan Gaya Dengan Menggunakan Teknik Certainty of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Sahrul Saehana, M.Si. Kata Kunci : Miskonsepsi, konsep gerak dan gaya dalam hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep gerak dan gaya dalam hukum newton pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Subjek dan responden pada penelitian ini sebanyak 14 siswa kelas XI MIPA 3 yang telah mempelajari materi gerak dan gaya dalam hukum newton. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik yang merupakan soal pilihan ganda dengan alasan dalam menjawab pertanyaan, setiap pilihan jawaban disertai dengan pilihan indeks tingkat keyakinan dalam menjawab atau CRI. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 nomor soal. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk dapat ditentukan persentase paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh persentase kategori tidak paham konsep sebesar 60,7%, paham konsep sebesar 20,7%, dan miskonsepsi sebesar 19,3%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep gerak dan gaya dalam hukum newton pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Palu masih tergolong rendah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up