Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DENGAN BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 1 TOTIKUM
Nama: ABD. KHALIQ D. NASIEF
Tahun: 2019
Abstrak
Abd. Khaliq D. Nasief (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Totikum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Marungkil Pasaribu, M.Sc. (II) Dr. H. Amiruddin Hatibe, M.Si Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Mind Mapping, Hasil Belajar Fisika Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inqury) dengan berbantuan mind mapping terhadap belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Totikum. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Totikum. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen (n=29) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol (n=29). Pada kelas ekperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan mind mapping dan kelas kontrol menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry). Dari analisa data diperoleh bahwa skor rata-rata kelas kelompok eksperimen 16,47 dengan standar deviasinya 3,01dan skor rata-rata kelas kelompok kontrtol 13,02 dengan standar deviasinya 2,91. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=4,48 dan t_0,05(56) =1,67 pada taraf nyata ? = 0,05 dan n=29. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan dengan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan mind mapping dengan kelompok siswa yang diberikan perlakuan dengan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) saja. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Totikum.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up