JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CRI PADA SISWA SMA |
Nama: ACHRI FERRYANTO POKONDA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Achri Ferryanto Pokonda (2021). Identifikasi Miskonsepsi Materi Suhu dan Kalor dengan Menggunakan Teknik CRI pada Siswa SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. Syamsu, M.Si. Kata Kunci : Miskonsepsi, Suhu dan Kalor, Certainty of Response Index (CRI) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi suhu dan kalor pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Katolik Santo Andreas Palu. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda beralasan yang berjumlah 15 butir soal mengenai materi suhu dan kalor yang disertai tes Certainty Of Response Index (CRI) untuk mengetahui tingkat keyakinan responden dalam menjawab soal. Data hasil tes kemudian di analisis untuk menentukan rata-rata persentase miskonsepsi pada setiap butir soal yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 53,81%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi materi suhu dan kalor pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Katolik Santo Andreas Palu tergolong sedang. Dengan demikian maka perlu adanya perhatian yang diberikan pada siswa berupa memberikan contoh-contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, menyeimbangi mengajar antara konsep dan hitungan, memberikan penjelasan ulang kepada siswa sesuai dengan konsep yang ada, dan menanyakan kembali pelajaran yang sudah dipelajari. |