Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIRENJA
Nama: Riskawati
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sirenja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain the equivalent, pretest-posttest design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan ekspositori. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji coba. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 16,04 dengan nilai ketuntasan klasikal 66,83?ngan standar deviasi yaitu 4,18. Untuk kelas control diperoleh rerata skor tes akhir adalah 12,09 dengan nilai ketuntasan klasikal 50,38?ngan standar deviasi 4,66. Dari hasil analisa data diperoleh > , ini menunjukkan bahwa Hipotesis H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sirenja.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up