Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GERAK LURUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA ASADIYAH TOLAI
Nama: IRAWAN
Tahun: 2018
Abstrak
Irawan, 2018. Pengaruh Pendekatan Scientific Model Discovery Learning Pada Materi Gerak Lurus Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Asadiyah Tolai. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Supriyatman, M.Pd.(II) Dr. Darsikin, M.Si. Kata Kunci: Pendekatan Scientific Model Discovery Learning, Hasil Belajar Fisika Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan scientific model discovery learning dan kelas control menggunakan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas kembali diberikan test akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas control berturut-turut adalah 6,27 dan 5,75 untuk tes awal, sedangkan untuk tes akhir rataratanya adalah 13,58 dan 9,89. Dari hasil analisa data tesakhir yang ada diperoleh nilai t tabel 1,67 sedangkan nilai t hitung 4,67. Hal ini menunjukan bahwa nilai t hitung berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up