JudulPengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Pada Materi Bunyi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tinombo |
Nama: HASNA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi bunyi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tinombo. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Untuk melihat keberhasilan siswa dari penelitian ini, diadakan test awal/pratest untuk mengetahui kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi bunyi. Setelah itu pada kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct intruction. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas diberikan test akhir/pascatest untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen 10,22 dan kelas kontrol 9,95 untuk test awal, sedangkan untuk test akhirnya kelas eksperimen 22,31 dan kelas kontrol 19,22. Dari hasil analisa data test akhir yang diperoleh nilai ttabel 1,68 sedangkan nilai thitung 1,83. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika mata pada materi bunyi antara kelas yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran terpadu tipe connected dan model Direct Intruction. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected pada materi bunyi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tinombo. |