JudulANALISIS DIMENSI PROSES KOGNITIF KATEGORI MENGANALISISI (C4) SISWA SMP KELAS IX TENTANG MATERI LISTRIK |
Nama: Rahmawati |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Rahmawati, 2019. Analisis Dimensi Proses Kognitif Kategori (C4) Siswa SMP Kelas IX Tentang Materi Listrik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Darsikin, M.Si. (II) Dr. Marungkil Pasaribu, M,Sc Kata Kunci: Analisis Dimensi Proses Kognitif Kategeori (C4), Listrik Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi proses kognitif kategori (C4) tentang materi Listrik pada siswa. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Adapun subjek penelitian berjumlah 31 orang siswa yang kemudian diberikan tes berupa essay untuk menentukan responden sebanyak 6 orang. Data diperoleh dari tes dimensi proses kognitif kategori (C4) tentang materi listrik dengan setting thinking-aloud. Dari hasil penelitian yang dilakukan, hasilnya menunjukan bahwa Pencapaian analisis dimensi proses kognitif siswa pada tingkat (C4) dapat digolongkan pada kategori rendah yaitu 51,09%. Secara keseluruahan presentse hasil analisis dimensi proses kognitif kategori C4 pada siswa kelas IX yaitu pada deskriptor memadukan diperoleh nilai sebesar 66,67%, deskriptor memadukan koherensi sebesar 55%, deskriptor membuat garis besar sebesar 55%, deskriptor memilih sebesar 50,83%, dan deskriptor mendekontruksi sebesar 79,16%. Sehingga secara umum pencapaian dimensi proses kognitif kategori analisis (C4) siswa pada materi listrik tergolong rendah pada deskriptor memadukan koherensi dan deskriptor membuat garis besar. |