JudulIDENTIFIKASI KONSISTENSI ILMIAH SISWA DALAM MENGINTERPRETASIKAN KONSEP TUMBUKAN KE DALAM MULTIREPRESENTASI |
Nama: MADE WIJANA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Made Wijana, 2019. Identifikasi Konsistensi Ilmiah Siswa dalam Menginterpretasikan Konsep Tumbukan ke dalam Multirepresentasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marungkil Pasaribu, (II) I Wayan Darmadi. Kata Kunci : Konsistensi Ilmiah, Multirepresentasi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi konsistensi ilmiah siswa dalam menginterpretasikan konsep tumbukan ke dalam multirepresentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 7 SMA Negeri 3 Palu yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian terdiri atas 21 butir soal pilihan ganda dengan bentuk penyelesaian yang berbeda yang terbagi atas 4 tema. Hasil penelitian menunjukkan tingkat konsistensi ilmiah siswa dalam menginterpretasikan konsep tumbukan secara umum berada pada level 3 atau tidak konsisten yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi tumbukan masih rendah. Tingkat konsistensi ilmiah pada tema 1 (6 soal) menunjukkan: kategori kurang konsisten sebesar 31,48%, tidak konsisten sebesar 68,52%. Pada tema 2 (6 soal), kategori konsisten sebesar 12,96%, kurang konsisten sebesar 35,19?n tidak konsisten sebesar 51,85%. Pada tema 3 (6 soal), kategori konsisten sebesar 3,70%, kurang konsisten sebesar 27,78?n tidak konsisten sebesar 68,52%. Pada tema 4 (3 soal), kategori kurang konsisten sebesar 7,41?n tidak konsisten sebesar 92,59%. Hasil analisis kemampuan siswa dalam menjawab soal menunjukkan: representasi matematis (7 soal) sebesar 81,48%, representasi verbal (7 soal) sebesar 32,28?n representasi gambar/diagram (7 soal) sebesar 12,17% |