JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DISERTAI JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 5 PALU |
Nama: Rezy |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Rezy, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament disertai Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs.H. Muhammad Ali, M.Si ; (II) Drs. H. Kamaluddin, M.Si Kata Kunci: Teams Games Tournament, Joyful Learning, Hasil Belajar Fisika Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament disertai Joyful Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 5 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Non equivalent Control group design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah di uji coba. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 13,63 dengan nilai ketuntasan klasikal 54,52 ?ngan standar deviasi yaitu 3,17. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes akhir adalah 8,23 dengan nilai ketuntasan klasikal 32,92 ?ngan standar deviasi 2,91. Dari hasil analisa data tes akhir yang ada diperoleh nilai ttabel 1,67 sedangkan nilai thitung 7,43. Hal ini menunjukan bahwa thitung berada didalam daerah penolakan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 di terima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf nyata berbeda secara signifikan dengan kelompok siswa yang mendapatkan model Direct Instruction. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament disertai Joyful Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 5 Palu. |