JudulPENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALU TENTANG KONSEP KALOR |
Nama: WELDIS SATO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VII SMP Negri 19 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non equivalent control group design pretest-posttest, diadakan test awal untuk mengetahui kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi Kalor. Setelah itu pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode Eksperimen dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional model discovery Learning. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas kembali diberikan test akhir untuk menguji hasilnya. Bedasarkan hasil dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 6,13 dan 6,44 untuk test awal, sedangkan untuk test akhir rata-ratanya adalah 14,65 dan 11,94.Dari hasil analisa data tesakhir yang ada diperoleh nilai ttablesedangkan nilai thitung3,34. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain pemahaman konsep siswa yang mendapatkan perlakuan dengan Metode Eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VII SMP Negri 19 Palu pada taraf nyata berbeda secara signifikan dengan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional model Discovery Learning, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VII SMP Negri 19 Palu. Kata Kunci:Metode eksperimen, Pemahaman konsep. |