JudulPENGARUH METODE DISKUSI DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TINOMBO |
Nama: GRACIA YOULANDA MBOKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Gracia Youlanda Mboka, 2019. Pengaruh Metode Diskusi dengan Pendekatan Open Ended Questions Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 2 Tinombo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing Dr. H. Kamaluddin, M.Si. Kata Kunci : Metode Diskusi, Pendekatan Open Ended Questions, Hasil Belajar Fisiska Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Diskusi dengan Pendekatan Open Ended Questions terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP N 2 Tinombo, jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “posttest only control desaign”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kelas VII B sebagai kelas control. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil pengolahan data untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 13,70 dengan standar deviasi sebesar 3,36 untuk kelas control diperoleh rerata skor tes akhir 8,41 drengan standar deviasi sebesar 3,30 hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai = 2,2 dan = 2,01 hal ini menunjukan bahwa nilai berada diluar penerimaan ditolak dan diterima dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian untuk uji N Gain pada kelas eksperimen sebesar 33,27 dan pada kelas control 28,8. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi dengan pendekatan open ended questions terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tinombo. |