JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBCOMIC FISIKA WEBTOON UNTUK SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON |
Nama: WIDYALOKA KUSUMASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui tingkat kelayakan webcomic fisika webtoon yang divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan guru, 2) mengetahui respon siswa terhadap webcomic fisika webtoon yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, R & D (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi dan respon adalah teknik perhitungan nilai rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil analisis penilaian uji kelayakan oleh kedua ahli dan guru sama-sama menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media webcomic fisika webtoon yang dihasilkan berada pada kategori sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran (alternatif) bagi siswa. Hasil analisis data uji kelayakan oleh validator ahli media, ahli materi dan guru menunjukkan perolehan skor penilaian rata-rata secara berturut-turut sebesar 3,82 dari 4 atau “Sangat Baik”, kemudian 3,45 dari 4 atau “Sangat Baik”, dan 3,89 dari 4 atau “Sangat Baik”, 2) Hasil analisis penilaian respon siswa menunjukkan siswa sangat setuju bahwa komik menarik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil analisis data respon siswa menunjukkan perolehan skor rata-rata sebesar 3,54 dari 4 atau “sangat setuju”. Hal diatas menunjukkan bahwa media pembelajaran webcomic fisika webtoon yang dihasilkan telah sangat baik dan layak untuk dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran (alternatif) yang menarik bagi siswa. |