JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN RANKING TASK EXERCISE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RIO PAKAVA |
Nama: RETNO SUKO WARDANINGSIH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Retno Suko Wardaninsih (2019). Analisis Pemahaman Konsep Fluida Statis Menggunakan Ranking Task Exercise Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rio Pakava, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Supriyatman, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman konsep, Fluida Statis, Ranking Taks Exercise Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa tentang fluida statis menggunakan Ranking Task Exercise. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rio Pakava pada siswa kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya berdasarkan fakta-fakta yang ada, sehingga dalam penelitian ini digunakan pendekatan “deskriptif kualitatif”. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes essay dan wawancara. Responden dipilih berdasarkan tingkat kemampuan siswa yang terbagi menjadi kategori tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa tentang fluida statis menggunakan Ranking Task Exercise masih tergolong rendah. Siswa paling dominan paham pada konsep untuk materi tekanan hidrostatis. Sedangkan siswa paling banyak tidak paham tentang konsep untuk materi hukum Pascal. |