Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam Menginterpretasikan Grafik Pada Konsep Termodinamika
Nama: Widad Farhana
Tahun: 2019
Abstrak
Widad Farhana, 2019, Analisis Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Menginterpretasikan Grafik pada Konsep Termodinamika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Marungkil Pasaribu Pembimbing (II) Syamsu. Kata Kunci : Interpretasi, Grafik, Termodinamika, Thinking-aloud Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa calon guru fisika dalam menginterpretasikan grafik pada konsep termodinamika. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 18 orang responden mahasiswa calon guru fisika semester III, Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidika MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Tadulako. Instrumen yang digunakan adalah tes esai yang berjumlah 6 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif dengan merujuk kepada hasil jawaban dengan metode Thinking-aloud serta wawancara mahasiswa perbutir soal dalam menginterpretasikan grafik pada konsep termodinamika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa calon guru fisika masih tergolong rendah dengan rata-rata persentase sebesar 24,53%. Pemahaman mahasiswa diukur dengan 3 deskriptor, pada deskriptor translasi dalam kategori rendah yaitu sebesar 42,36%, pada deskriptor interpretasi terbilang dalam kategori sangat rendah sebesar 27,77% sedangkan pada deskriptor eksplorasi juga terbilang sangat rendah yaitu sebesar 3,47%. Secara umum mahasiswa calon guru fisika, masih kurang dalam memahami grafik pada konsep termodinamika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up