Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESULITAN SISWA SMA NEGERI 3 PALU DALAM MEMAHAMI KONSEP HUKUM NEWTON
Nama: NI MADE JULIARTINI
Tahun: 2019
Abstrak
Ni Made Juliartini, 2019. Analisis Kesulitan Siswa SMA Negeri 3 Palu Dalam Memahami Konsep Hukum Newton. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amiruddin Hatibe, Pembimbing (2) Darsikin. Kata Kunci : Kesulitan, Pemahaman Konsep Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa SMA Negeri 3 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Palu kelas XI IPA 1 tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 26 siswa yang akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah dengan menggunakan Tes Seleksi Responden (TSR). Berdasarkan hasil TSR diambil masing-masing 2 orang setiap kategori untuk diberi tes secara thinking-aloud (TA). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah TSR yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda beralasan dan tes esai yang dilakukan secara TA yang terdiri dari 6 soal esai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh siswa terbagi atas 4 tipe yaitu : (1) kesulitan pemahaman fakta, (2) kesulitan pemahaman konsep, (3) kesulitan operasi dan proses perhitungan, dan (4) kesulitan pemahaman prinsip. Berdasarkan hasil persentase keseluruhan tipe menunjukkan bahwa secara umum kesulitan pemahaman konsep siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase kesulitan 67,5?n faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan pemahaman konsep fisika siswa terdiri atas dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up