Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH KESULITAN BELAJAR FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SIGI
Nama: HIJRIANI
Tahun: 2021
Abstrak
Hijriani,2020.“Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Kesulitan Belajar Fisika pada Materi Hukum Newton tentang Gerak Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sigi”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika,Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Strata Satu Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Amiruddin Hatibe. Kata Kunci: analisis, kemampuan memecahan masalah,kesulitan belajar, hukum newton tentang gerak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah kesulitan belajar fisika pada materi Hukum Newton tentang Gerak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Sigi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis yang berbentuk essai dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa kemampuan memecahkan masalah kesulitan belajar fisika pada materi Hukum Newton tentang Gerak siswa dikelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Sigi yaitu tergolong kategori sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah kesulitan belajar fisika pada materi Hukum Newton tentang Gerak siswa dikelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Sigi yaitu faktor internal (kurangnya minat siswa pada pelajaran fisika, faktor kelelahan, , kurangnya intelegensi siswa terhadap materi Hukum Newton tentang Gerak, siswa kurang memahami soal dengan baik sehingga mereka tidak mengerti apa yang ditanyakan oleh soal, penggunaan rumus yang kurang tepat serta mereka tidak mengecek proses penyelesaian dan jawaban kembali) dan faktor eksternal (suasana keluarga, teman bergaul, sosial media, kurikulum yang diterapkan dan fasilitas untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up