JudulPENERAPAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MAN MODEL 02 PALU |
Nama: ICA HAERATUNNISA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ica Haeratunnisa, 2020. Penerapan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI MAN MODEL 02 PALU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sahrul Saehana, M.Si . Kata kunci: Mobile Learning Berbasis Android , Media Pembelajaran, Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dari penerapan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis kelas XI MAN MODEL 02 PALU. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Ekspriment dengan desain penelitian “one group pretest-posttest design”. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa angket sebanyak 12 item pernyataan dan 4 alternatif jawaban. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan SPSS 23,0 for windows , Uji T-hitung didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, ini menunjukkan nilai sig.(2-tailed) lebih kecil dibandingkan nilai probabilitas. Dan Berdasarkan hasil angket, respon siswa terhadap penerapan mobile leaerning berbasis android sebagai media pembelajaran dengan rata-rata skor minat belajar sebesar 43,25 tergolong dalam kelas Interval (43-44) berkategori Tinggi. Ini berarti terdapat perbedaan yang nyata antara minat belajar siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) sehingga dapat disimpulkan melalui penerapan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis dapat meningkatkan minat belajar siswa. |