JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 SINDUE |
Nama: Ma'muman |
Tahun: 2020 |
Abstrak Ma’muman, 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Guided inquiry terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas XI SMA N 1 Sindue. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs. Syamsu, M.Si (II) Dr. Marungkil Pasaribu, M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Guided Inquiry, Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMA N 1 Sindue. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sindue. dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen 48,75 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 41,57. Uji hipotesis uji t (dua pihak), diperoleh thitung = 2,47 dan ttabel(0.975)(51) =2,01 pada taraf nyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada di luar daerah penerimaan Ho. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Guided Inkuiry terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMA N 1 Sindue. |