Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS METODE EKSPERIMEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTIONPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGI
Nama: MOH. INDRA BEMPAH
Tahun: 2017
Abstrak
Moh Indra Bempah, 2017. perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran problem based learning berbasis metode eksperimen dengan model pembelajaran direct instruction pada siswa Kelas XI SMAN 1 Sigi’’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Wayan Darmadi, S.SI M.Pd (II) Drs. H, Muhammad Ali, M,Si Kata Kunci : problem based learning berbasis metode eksperimen, pembelajaran langsung (DI), pemahaman konsep Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran problem based learning berbasis metode eksperimen dengan model pembelajaran direct instruction pada siswa kelas XI SMAN 1 Sigi. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan theequivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Mia SMAN 1 Sigi. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XI Mia Model II sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Mia II sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep berupa tes esai yang telah divalidasi oleh validator. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga ??????? > ?????? pada taraf nyata ? = 0,05 dan ?? = 46 dan untuk harga t lainnya ditolak. Dari daftar distribusi t diperoleh harga ?????? = 2,01 sedangkan ??????? = 6,37. Hal ini berarti ?0 ditolak sedangkan ?1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran problem based learning berbasis metode eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika siswa Kelas XI MIA SMA N 1 Sigi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up