JudulANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KALOR DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE TIER TEST SISWA SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: NURSANDI.S |
Tahun: 2020 |
Abstrak NURSANDI.S (2019). Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Kalor dengan Menggunakan Instrumen Three Tier Test Siswa SMA Negeri 1 Sindue, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Dr. Marungkil Pasaribu, M. Sc (II) Dr. H. Amiruddin Hatibe, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa di SMA Negeri 1 Sindue, terhadap konsep kalor. Subjek dan responden pada penelitian ini sebanyak 25 orang siswa SMA Negeri 1 Sindue. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda beralasan yang disertai dengan tingkat keyakinan dalam menjawab soal (tree tier test). Berjumlah 25 nomor soal. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk dapat menentukan persentase paham konsep ilmiah, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh persentase kategori tidak paham konsep sebesar 44,48%, paham konsep ilmiah 18,08%, dan miskonsepsi sebesar 37,60%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep Kalor pada siswa SMA Negeri 1 Sindue masih tergolong sangat rendah. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Three Tier Test, Kalor |