Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING AND LEARNING (CTL)TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 PALU
Nama: IKRAM
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Ikram, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMPN 19 Palu.Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Drs. H. Kamaluddin, M.Si (II) I Wayan Darmadi, S.Si, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Hasil Belajar Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajara Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMPN 19 Palu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VII C berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII A berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitasi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen 78.35 dengan standar deviasi 3.23. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 60.04 dengan standar deviasi 3.15. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh thitung= 3.9 dan t(0.05)(46) = 2.01 pada taraf nyata a=0.05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMPN 19 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up