JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN 5 PALU |
Nama: Suyati |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Suyati, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) diserati LKS berbasis Multirepresentasi terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 5 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs. H. Kamaluddin, M.Si (II) Drs. H. Muhammad Ali, M.Si Kata Kunci :Children Learning In Science (CLIS), Multirepresentasi, Hasil Belajar Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) menggunakan LKS berbasis Multirepresentasi terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 5 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain non equivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X MIA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator ahli. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelompok eksperimen yaitu 11,17 dan kelompok kontrol yaitu 9,37 sedangkan rata-rata skor posttest kelompok eksperimen yaitu 19,23 dan kelompok kontrol yaitu 16,77. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh t_hitung= 3,28 dan t_(0,0975 (62))=2,00 pada taraf nyata ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai t_(hitung )berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada kedua kelas. Berdasarkan hasil pengujian N-Gain kedua kelas masing-masing berada pada kategori yaitu kelas eksperimen berada pada kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 42,45?n kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai N-Gain adalah 41,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. |