Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPemahaman Kualitatif Siswa SMP Kelas VII Pada Konsep Massa Jenis
Nama: WINARSI
Tahun: 2021
Abstrak
Winarsi (2020). Pemahaman Kualitatif Siswa Kelas VII pada Konsep Massa Jenis, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing : Dr. Jusman Mansyur, M.Si. Kata Kunci : Pemahaman Kualitatif, Massa Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan desskriptif kualitatif yang betujuan untuk mendeskripsikan pemahaman kualitatif siswa tentang tentang konsep massa jenis. Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool UNTAD Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D yang terdiri dari 15 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes seleksi responden, tes pemahaman konsep massa jenis dan wawancara. Tes seleksi responden terdiri dari 25 butir soal yang diberikan kepada 15 siswa untuk menentukan 6 responden serta tes pemahaman konsep massa jenis terdiri dari 5 soal yang diberikan kepada 6 responden terpilih. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kualitatif siswa tentang konsep massa jenis masih rendah dimana hanya beberapa saja yang paham dan beberapa tidak paham dan mengalami miskonsepsi, kemampuan pada setiap indikator pemahaman konsep siswa yaitu translasi masih kurang baik, indikator pemahaman konsep interpretasi masih kurang baik dan indikator pemahaman konsep ekstrapolasi juga masih kurang dan pemahaman kualitatif responden kategori tinggi menunjukkan pemahaman kualitatif yang lebih baik dibandingkan dengan responden kategori sedang dan rendah dan pemahaman kualitatif responden kategori sedang dan rendah cenderung menunjukkan hasil yang sama

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up