JudulAnalisis Pemahaman Siswa Tentang Garis Gaya Magnet |
Nama: REYNALDI JULIUS L.G |
Tahun: 2020 |
Abstrak Banyak siswa tidak memahami konsep gaya magnet dan medan magnet serta teridentifikasi adanya kesalahan konsep dalam memahami sumber medan magnet. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman siswa tentang Garis Gaya Magnet. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Lab School Palu. Responden pada penelitian ini dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian untuk soal indikator translasi yaitu sebagian siswa dalam memberi jawaban melebihi dari apa yang dimaksud pada gambar, siswa mengartikan garis gaya magnet sebagai arus listrik dan siswa mendeskripsikan garis gaya magnet sebagai medan magnet serta arus magnet yang masuk sama dengan medan magnet dan arus yang keluar. Untuk soal indiaktor interpretasi yaitu sebagian siswa dalam memberi jawaban tidak menyeruluh/lengkap, seperti adanya siswa yang tidak menjelaskan secara lengkap dan tepat garis gaya magnet yang terjadi pada soal essay. Untuk soal indikator ekstrapolasi yaitu sebagian siswa keliru dalam mengartikan pola dan arah garis gaya magnet, sehingga ketika menyimpulkan, masih terdapat kesalahan dalam mengartikan kutub-kutub magnet pada gambar. Kesimpulan yaitu pemahaman konsep garis gaya magnet dari sebagian besar responden sudah baik atau kategori tinggi. Saran yaitu guru diharapkan agar lebih kreatif dalam membuat alternatif instrumen evaluasi pembelajaran yang lainnya tentang konsep garis gaya magnet, sehingga memberi pengalaman baru bagi siswa dalam menilai hasil belajarnya. |