Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SEQIP TERHADAP PENINGKATAN MULTI REPRESENTASI KONSEP SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS XI SMAN 5 PALU
Nama: IRAWAN SAPUTRA LASINA
Tahun: 2020
Abstrak
Pembelajaran SEQIP berkaitan dengan kegiatan laboratorium, observasi dan eksperimen merupakan kegiatan yang harus dilakukan, sehingga kemampuan multi representasi siswa dapat berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan multi representasi yang terdiri dari verbal, gambar, grafik, dan matematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen lemah dengan desain "one group pretest- postest". Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 5 Palu, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan multi representasi yang terdiri kemampuan verbal, gambar, grafik dan matematik dengan jumlah soal 8 butir soal masing-masing terdiri dari 2 soal setiap kemampuan. Analisis hasil digunakan uji N-gain dan uji-t untuk sampel yang berhubungan preetest dan postest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan perhitungan rerata N-gain, menyelesaikan soal secara verbal 0,59, kemampuan menyelesaikan soal secara gambar 0,66, kemampuan secara grafik 1,51 dan kemampuan soal secara matematis 1,43. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji peningkatan dengan menggunakan uji-t dua variabel yang berhubungan maka di peroleh t hitung 29,3 lebih besar dari t tabel 1,7, maka H1 diterima yaitu terdapat peningkatan kemampuan multi representasi siswa. Berdasarkan hasil tesebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan multi representasi Fisika melalui pembelajaran SEQIP pada siswa kelas XI SMAN 5 Palu pada tahun ajaran 2019-2029. Kata kunci: pembelajaran SEQIP, Multi Representasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up