JudulANALISIS HIGHER ORDER THIMKIMG SKILL (HOTS) SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UJIAN NASIONAL FISIKA |
Nama: Lisa Karlina |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII IPA SMA Labschool Untad Palu pada soal Ujian Nasional fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Labschool Untad Palu. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA B yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes High Order Thinking Skill dan wawancara. Tes High Order Thinking Skill diberikan kepada siswa kemudian dianalisis dan dilakukan penentuan responden. 2 responden kategori rendah, 2 responden kategori sedang, dan 2 responden kategori tinggi. Berdasarkan penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa pada level kognitif C4 (menganalisis) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 59,62%. Pada level kognitif C5 (mengevaluasi) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 57,69%. Pada level kognitif C6 (mengkreasi) keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 66,35%. Dan secara keseluruhan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS) berada pada kategori kurang dengan capaian persentasi sebesar 60,19%. |