Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KASIMBAR
Nama: NADIRA
Tahun: 2021
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini : Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi kelas VII SMP Negeri 2 Kasimbar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi kelas VII SMP Negeri 2 Kasimbar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment designs dengan desain penelitian pretest-posttest control group designs. Sampel penelitian yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen (n=30) dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol (n=30) yang dipilih dengan tehnik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis dengan bentuk soal esai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statik non-parametrik dan uji-t pada dua pihak pada taraf signifikasi 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel = 2,15 > 1,67, sehingga H0 ditolak dan H1 di terima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis anatara siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (direct interaction). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kasimbar. Kata Kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up