JudulPengembangan Alat Konversi Energi Listrik Sebagai Media Pembelajaran Konsep Sumber-Sumber Energi |
Nama: Abdul Rohman |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Abdul Rohman, 2019. Pengembangan Alat Konversi Energi Listrik Sebagai Media Pembelajaran Konsep Sumber-Sumber Energi. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sahrul Saehana, Pembimbing (II) I Komang Werdhiana Kata Kunci : alat konversi energi listrik, media pembelajaran, sumber-sumber energi Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat konversi energi listrik sebagai media pembelajaran. Proses penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengacu pada model Research and Development (R&D) yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert yang ditujukan kepada ahli media, ahli materi, guru fisika SMA dan siswa kelas XI IPA SMA Labschool Untad Palu. Data kualitas produk yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Kualitas produk berdasarkan hasil analisis penilaian ahli media diperoleh nilai persentase sebesar 84?ngan interpretasi “Sangat Baik”. Kualitas produk berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ahli materi diperoleh nilai persentase sebesar 85?ngan interprestasi “Sangat Baik”. Untuk hasil tanggapan guru fisika diperoleh nilai persentase sebesar 92,2?ngan interprestasi “Sangat Setuju”. Untuk hasil tanggapan siswa kelas XI IPA SMA Labschool Untad Palu pada uji terbatas diperoleh nilai persentase sebesar 85,95?ngan interprestasi “Sangat Setuju”. Hasil uji coba dan analisis angket menunjukan bahwa alat konversi energi listrik sebagai media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. |