Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbahasa Kaili Pada Materi Besaran Fisika Dan Pengukurannya
Nama: NUR'AZNI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nur’azni, 2019. Video Pembelajaran Fisika berbahasa Kaili sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Besaran Fisika dan Pengukurannya untuk SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Sahrul Saehana, M.Si, (II) Dr. Amiruddin Hatibe, M,Si. Kata kunci: Media Video Pembelajaran Fisika, Bahasa kaili, Besaran Fisika dan pengukuran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran fisika berbahasa kaili pada materi besaran fisika dan pengukurannya untuk SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dan observasi. Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahap. Adapun tahapan tersebut yaitu: Tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian untuk uji coba kelayakan Video pembelajaran Fisika berbahasa kaili dilakukan pada siswa kelas VIID Hasanudin yang berjumlah 20 orang di SMPN 1 Sindue. 1) Uji coba kelayakan produk dilakukan dengan memberikan kuisioner berupa angket berisi hal-hal yang berkaitan dengan tingkat kelayakan media video pembelajaran fisika berbahasa kaili sebagai media pembelajaran. Hasil penilaian pada siswa diperoleh rata-rata sebesar 3,63 dengan interprestasi ”Sangat setuju’’. 2) Kemudian uji coba selanjutnya dilakukan pada 10 siswa di kelas eksperimen dan 10 siswa di kelas kontrol. Hasil penilaian pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 3,44 dan kelas kontrol rata-rata sebesar 3,39. Berdasarkan data tersebut, Video pembelajaran fisika berbahasa kaili layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up