JudulAnalisis Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton Dengan Menggunakan Instrumen Test Tiga Tingkat (Three Tier Test) Siswa Kelas XI Sma Karuna Dipa Palu |
Nama: ELIA CHRISTSANG JAYA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Elia Christsang Jaya (2019). Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Hukum Newton dengan Menggunakan Instrumen Test Tiga Tingkat (Three Tier Test) Siswa Kelas XI Sma Karuna Dipa Palu, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Dr. Marungkil Pasaribu, M. Sc. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Three Tier Test, Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa di SMA Karuna Dipa Palu terhadap konsep Hukum Newton. Subjek dan responden pada penelitian ini sebanyak 20 orang siswa kelas XI SMA Karuna Dipa Palu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda beralasan yang disertai dengan tingkat keyakinan dalam menjawab soal (tree tier test). Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 nomor soal. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk dapat menentukan persentase paham konsep ilmiah, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh persentase kategori tidak paham konsep sebesar 53.71%, miskonsepsi sebesar 33.56%, dan paham konsep ilmiah 12.73%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep Hukum Newton pada siswa kelas XI SMA Karuna Dipa Palu masih tergolong sangat rendah. |