JudulANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA S GKST IMANUEL PALU PADA MATERI SUHU DAN KALOR |
Nama: Evi Christiani.L |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kristis siswa Kelas XI IPA SMA S GKST Imanuel Palu Pada Materi Suhu dan Kalor . Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai, dan wawancara. Tes esai berupa soal uraian keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor sebanyak 7 butir soal yang diberikan kepada 20 siswa untuk menentukan 5 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA dinilai menurut indikator berpikir kritis siswa. pertama memfokuskan pertanyaan dengan skor 56,66% , indikator kedua menganalisis argument dengan skor 35%, indikator ketiga bertanya dan menjawab pertanyaan dengan skor 55%, indikator keempat mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak dengan skor 75% indikator kelima mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi dengan skor 48,33%.indikator keenam mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi dengan skor 43%, indikator ketujuh menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi dengan skor 61,67% Disarankan pembelajaran fisika pada jenjang menengah atas diharapkan mengembangkan cara berpikir kritis siswa |