| JudulPENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALU |
| Nama: WIHELMINA NJAUNG |
| Tahun: 2019 |
| Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “the non equivalent pretest-posstest group design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 20,50 dengan standar deviasi sebesar 11,28.Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor tes akhir 17,97 dengan standar deviasi sebesar 8,53.Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilaithitung = 3,33 dan ttabel(0.975)(58) =2,00. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Hasil ini terdapat pengaruh pemahaman konsep fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu |