JudulAnalisis Kualitas Pertanyaan Dan Penjelasan Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas VIII B SMP LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: FADHLY IKHSAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Fadhly Ikhsan, 2019, Analisis Kualitas Pertanyaan dan Penjelasan Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas VIII B SMP Lab School Untad Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Amiruddin Hatibe. Kata Kunci : Kualitas Pertanyaan, Kualitas Penjelasan, Materi Hukum Newton Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam membuat pertanyaan dan memberikan penjelasan terhadap pertanyaan pada materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa SMP Labschool Untad Palu kelas VIII B berjumlah 20 orang, terpilih 6 orang sebagai responden. Berdasarkan hasil skor yang diperoleh dari data pertanyaan dan penjelasan yang dibuat oleh siswa, yang terbagi ke dalam tiga kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan persentase pertanyaan berkategori tinggi sebesar 20%, kategori sedang sebesar 65?n kategori rendah sebesar 15%, sedangkan persentase penjelasan berkatogori tinggi sebesar 25%, sedang sebesar 50?n rendah sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII B SMP Labschool Untad Palu mampu membuat pertanyaan berkualitas tinggi yaitu pertanyaan tersebut tentunya memenuhi kriteria yaitu jelas, benar, memerlukan lebih dari cara yang sederhana dalam menjawab dan memiliki solusi yang tepat beserta penjelasannya. |