JudulDeskripsi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP LabSchool Untad Palu Dalam Pemecahan Masalah Dan Analisis |
Nama: SRI OKTAVIANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Sri Oktaviani, 2019. Deskripsi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP LabSchool UNTAD Palu dalam Konteks Pemecahan Masalah dan Analisis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Sahrul Saehana. Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kritis dalam konteks Pemecahan Masalah dan Menganalisis Pemecahan masalah dapat diartikan sebagai suatu proses menemukan keterkaitan antara konsep, prinsip, atau pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya telah dipelajari. Keterampilan menganalisis merupakan suatu keterampilan mengurai sebuah struktur ke dalam komponen-komponen agar mengetahui pengorganisasian struktur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam konteks pemecahan masalah dan analisis. Subyek penelitian ini terdiri dari 20 orang siswa dan dipilih 6 responden dengan cara pemberian tes pemilihan responden. Data diperoleh melaui pemberian tes pemilihan responden dan tes keterampilan berpikir kritis serta wawancara. Tes keterampilan berpikir kritis terdiri dari 4 nomor soal, setiap soal dibagi dalam dua konteks yaitu pemecahan masalah dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis dalam konteks pemecahan masalah dan menganalisis siswa memiliki kemampuan lebih tinggi dalam menyelesaikan soal dengan konteks pemecahan masalah dibandingkan dalam konteks menganalisis. |