Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS XI MAN 1 PALU
Nama: DEVI MEIARTI
Tahun: 2017
Abstrak
Devi Meiarti. 2017. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas XI MAN 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Syamsu; (II) I Wayan Darmadi. Kata Kunci : quantum teaching, mind mapping, pemahaman konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh model quantum teaching berbasis mind mapping terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI MAN 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan “The Non Equivalen Control Group Design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaan konsep fisika dalam bentuk esai yang telah divalidasi oleh ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data, rerata N-gain kelas eksperimen yakni 81,71 berada di kategori tinggi dan N-gain kelas kontrol yakni 62,63 berada di kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,97 dan ttabel = 2,00. Ini berarti nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model quantum teaching berbasis mind mapping terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XI MAN 1 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up