Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN PRAKTIKUM ALAT SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 7 PALU
Nama: OKA SAPUTRA
Tahun: 2014
Abstrak
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 7 Palu setelah diterapkan model problem-based learning menggunakan praktikum alat sederhana. Sampel penelitian adalah siswa kelas XB SMA Negeri 7 Palu. Dimana sampel penelitian terdiri dari 7,8 20 orang siswa kelas XB.Hasil analisis data menunjukkan bahwaskor rata-rata tes awal sebesar dan skor rata-rata sebesar13,05.Pengujian hipotesis menggunakan statistik tes non akhir parametrik uji Wilcoxon diperoleh W hitung= 0Wtabel= 60pada ? = 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu Whitung< Wtabel dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning menggunakan praktikum alat sederhana. Hal ini disebabkan oleh model Problem Based Learning menggunakan praktikum alat sederhana mengharuskan siswa aktif dan membiasakan untuk berpikir kreatif, hal tersebut menyebabkan siswa menyelesaikan masalah dengan cara yang fleksibel dan mempunyai alasan mengapa memilih cara tersebut (elaborasi)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up