| JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUANJIGSAW PUZZLE COMPETITIONPADA SISWA KELAS VII BSMP NEGERI 2 BIROMARU |
| Nama: RATNIATI |
| Tahun: 2014 |
| Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Biromaru. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIIB SMP Negeri 2 Biromaru merupakan masalah yang dialami oleh guru IPA. Alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah itu adalah penggunaan pendekatan Kontekstual Berbantuan Jigsaw Puzzle Competition. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Biromaru, dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi pokok besaran dan pengukuran. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) observasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Kontekstual Berbantuan Jigsaw Puzzle Competition dapat meningkatkan hasil belajar IPA fisika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Biromaru. Hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,00% dan daya serap klasikal sebesar 74,32%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,00% dan daya serap klasikal sebesar 82,64% yang artinya sudah melebihi standar ketuntasan belajar siswa. Untuk hasil observasi aktifitas siswa dan guru pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori baik dan sangat baik |