| JudulPROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS KELAS X DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
| Nama: MUSDALIFA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak ABSTRAK Musdalifa .2025. Profil Berpikir Kreatif Siswa Dengan Kecerdasan Logis Matematis Kelas X Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : (I) Rita Lefrida, (II) Sukayasa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deksripsi profil berpikir kreatif siswa dengan kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannnya adalah 3 siswa SMA kelas X yang masingmasing terdiri dari kecerdasan logis matematis dengan gaya belajar visual, kecerdasan logis matematis dengan gaya belajar auditori, dan kecerdasan logis matematis dengan gaya belajar kinestetik. Data dikumpulkan melalui lembar jawaban siswa dan wawancara. Kredibilitas data melalui member check dan perpanjangan pengamatan serta dependabilitas melalui verifikasi oleh dosen pembimbing. Analisis data dilakukan dengan melibatkan kondensasi data, penyajian data, serta pengambilan dan verifikasi beberapa kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah, subjek yang memiliki kecerdasan logis matematis, baik dengan gaya belajar visual, auditori, maupun kinestetik, sama-sama memenuhi indikator kefasihan (fluency) dan fleksibilitas (flexibility). Pada tahap menyusun rencana, subjek kecerdasan logis matematis dengan gaya belajar visual dan kinestetik memenuhi semua indikator berpikir kreatif, termasuk kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan (novelty), sedangkan subjek kecerdasan logis matetamtis dengan gaya belajar auditori hanya memenuhi kefasihan dan fleksibilitas. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek kecerdasan logis matematis dengan gaya belajar visual dan kinestetik menunjukkan memenuhi semua indikator berpikir kreatif dibanding subjek kecerdasan logis matematis bergaya belajar auditori yang hanya memenuhi kefasihan (fluency) dan fleksibilitas (fleksibility). Namun, pada tahap memeriksa kembali, semua subjek hanya memenuhi kefasihan dan fleksibilitas tanpa kebaruan. Kata Kunci : Berpikir kreatif; gaya belajar; kecerdasan logis matematis; komposisi fungsi |