JudulPROFIL NUMBER SENSE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: MUHAMMAD JUKHAIR J. HUSAIN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Muhammad Jukhair J. Husain, 2024. “Profil Number Sense Siswa SMP dalam Menylesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Muh. Rizal (2) Mustamin Idris. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil number sense siswa bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VII Dewa Ruci SMPN 1 Palu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Tiga siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari seorang siswa bergaya belajar visual, seorang siswa bergaya belajar auditori dan seorang siswa bergaya belajar kinestetik. Data number sense ketiga subjek diperoleh melalui lembar tugas masalah matematika dan wawancara tidak terstruktur yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki profil number sense yang lebih lengkap dan fleksibel, ditandai dengan kepekaan terhadap bentuk dan nilai bilangan pecahan, efek operasi, serta penggunaan strategi nonrutin seperti friendly number. Siswa dengan gaya belajar auditori menunjukkan kepekaan terhadap representasi bilangan, terutama dalam mengubah pecahan menjadi desimal, dan menggunakan strategi seperti equivalent expressions dan efek operasi untuk mempermudah perhitungan. Sementara itu, siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung mengandalkan prosedur rutin dan menunjukkan penggunaan number sense yang terbatas, meskipun memiliki kepekaan terhadap kesetaraan nilai pecahan dan menggunakan strategi friendly number. Kata kunci: Number Sense, Siswa SMP, Masalah matematika, Gaya Belajar. |