Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN GAYA KOGNITIF
Nama: SRI WAHYUNI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Sri Wahyuni, 2024. Profil Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gaya Kognitif. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing I Dasa Ismaimuza, Pembimbing II Nurhayadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan profil Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gaya Kognitif di SMPN 15 Palu. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa perempuan kelas VIII yang terdiri dari 1 siswa bergaya kognitif Field Independent dan 1 siswa bergaya kognitif Field Dependent dengan skor 16 dan FD dengan skor 4. Hasil peneltian menunjukkan Subjek FI memahami masalah dengan menyebutkan informasi yang teridentifikasi dari masalah dengan memisah bagian perbagian. Subjek FD mengidentifikasi dan menyebutkan informasi masalah setelah mengajukan pertanyaan agar mencocokan apa yang dipahaminya dengan informasi yang telah ada. Subjek FI dalam merencanakan pemecahan yakni menggambarkan sketsa kolam dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari masalah juga menggunakan konsep geometri untuk mencari luas kolam, luas lahan, dan mencari panjang kawat yang dibutuhkan sementara subjek FD mengalami kesulitan dan mencoba berulang-ulang dalam menggambarkan sketsa kolam sampai gambar sketsa namun tidak lengkap dan memerlukan waktu yang lama. Subjek FI dalam melaksanakan pemecahan masalah dengan rencana yang dilakukan sebelumnya hingga mendapatkan hasil yang membuat yakin dengan jawabannya sedangkan FD mengalami kesulitan dalam melaksanakan apa yang direncakanakan dengan mengggunakan konsep geometri yang salah dalam langkah-langkah penyelesaian untuk memperoleh hasil akhir yang dilakukan kurang tepat. Tahap memeriksa kembali, subjek FI memeriksa proses perhitungan dengan langkah-langkah yang jawaban yang diperoleh dan menyimpukan hasil yang diperoleh. Sementara subjek FD tidak memiliki strategi lain dalam memeriksa pekerjaannya dan masih ragu kebenaran jawaban dan tidak melakukan tahap memeriksa kemabli sehingga tidak dapat menyimpulkan hasil akhirn yang ia peroleh. Kata Kunci: Profil Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Field Dependent, Gaya Kognitif Field Independent.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up