Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRepresentasi Matematis Siswa SMP Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin
Nama: GUSTI AYU PUTU TRIA OKTAFIANI
Tahun: 2025
Abstrak
Gusti Ayu Putu Tria Oktafiani. 2024. Representasi Matematis Siswa SMP yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Pathuddin, (II) Sukayasa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang representasi matematis siswa SMP laki-laki dan perempuan yang memiliki kecerdasan logis matematis dalam memecahkan masalah geometri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu dengan dua siswa kelas VIII sebagai subjek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi peneliti sebagai instrumen utama, dan instrumen pendukung seperti angket tes kecerdasan majemuk, tes representasi matematis, serta pedoman wawancara. Untuk memastikan kredibilitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi waktu dan perpanjangan pengamatan serta dependabilitas melalui verifikasi oleh dosen pembimbing.Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, serta pengambilan dan verifikasi beberapa kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa laki-laki mencatat informasi menggunakan simbol dan satuan yang relevan pada tahap memahami masalah. Saat menyusun rencana, siswa lebih mengandalkan representasi verbal untuk menjelaskan langkah-langkah secara sistematis. Dalam melaksanakan rencana, siswa laki-laki menggunakan representasi simbolik untuk melakukan perhitungan dan konversi satuan sesuai rencana, kemudian memeriksa kembali jawaban menggunakan representasi verbal untuk memastikan keakuratan hasil. (2) siswa perempuan mencatat informasi yang diketahui menggunakan simbol dan menggunakan representasi verbal untuk mencatat pertanyaan secara lengkap. Saat menyusun rencana, siswa perempuan mengandalkan representasi verbal untuk menghubungkan informasi yang diketahui dengan yang belum diketahui. Dalam melaksanakan rencana, siswa perempuan menggunakan representasi simbolik untuk perhitungan dan representasi verbal untuk mendukung pelaksanaan rencana, serta memeriksa kembali proses menggunakan representasi verbal. Kata kunci: Representasi matematis, Kecerdasan logis matematis, Jenis kelamin, Geometri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up