JudulPROSES BERFIKIR SISWA KELAS XI MIPA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KIERSEY |
Nama: NUR ISLAMIAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey di kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa masing-masing 1 siswa dengan tipe kepribadian guardian, Artisan, Rational, dan Idealist. Metode pengambilan data adalah tes dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah angket tipe kepribadian Keirsey sebagai instrument pemilihan subjek penelitian, lembar soal penyelesaian soal matematika pada materi persamaan garis singgung lingkaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap tipe kepribadian mempunyai proses berpikir yang berbeda. Tipe kepribadian guardian dan artisan melakukan proses berpikir asimilasi dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, serta memeriksa Kembali jawaban pada Langkah pemecahan masalah Polya. Sedangkan tipe kepribadian rational dan idealist melakukan proses berpikir asimilasi pada tahap memahami masalah dan memeriksa Kembali, pada tahap merencanakan penyelesaian masalahdan melaksanakan rencana penyelesaian melakukan proses berpikir asimilasi tidak sempurna. |