Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NUSANTARA PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Nama: SILVANA P
Tahun: 2023
Abstrak
Silvana P. 2023. Profil Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK Nusantara Palu dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Dasa Ismaimuza, (II) Rita Lefrida. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil komunikasi matematis siswa kelas X SMK Nusantara Palu dalam menyelesaikan soal program linear ditinjau dari gaya kognitif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya kognitif FI dan FD dalam menyelesaikan soal program linear adalah sebagai berikut: (1) dalam menyatakan informasi yang terdapat dalam soal yang diberikan dan menggunakan representasi untuk menyatakan informasi tersebut, subjek FI dan FD menentukan hal yang diketahui berdasarkan kalimat pernyataan dan menentukan hal yang ditanyakan berdasarkan kalimat pertanyaan dengan tepat, tetapi subjek FD tidak menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada lembar jawaban. Subjek FI dan FD menjelaskan kembali informasi yang diketahui dari soal dalam bentuk tabel dengan tepat. (2) dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya dalam menyajikan suatu ide matematis, subjek FI dan FD menggunakan pemisalan dengan variabel x dan y agar memudahkan dalam membuat model matematika dengan melihat tabel yang telah dibuat sebelumnya dengan tepat. Subjek FI dan FD menggunakan istilah, notasi matematika dan struktrunya dalam menjelaskan ide matematis dengan tepat. (3) dalam menginterpretasikan ide matematis dalam menyelesaikan soal secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan grafik, tabel dan aljabar, subjek FI dan FD menggunakan tabel persamaan garis untuk mencari titik potong garis dengan sumbu X dan sumbu Y dari tiap persamaan garisnya dengan tepat, tetapi subjek FD tidak menuliskan penyelesaian aljabarnya. Subjek FI dan FD membuat grafik dengan memasukkan masing-masing titik potong garis yang didapatkan ke sumbu X dan sumbu Y dengan secara lengkap mencantumkan keterangannya, tetapi subjek FD tidak lengkap mencantumkan keterangannya yaitu titik pojok DHP pada grafik. Subjek FI dan FD mencari titik potong kedua garis dengan diselesaikan secara aljabar menggunakan metode eliminasi dan substitusi dengan tepat. Subjek FI melakukan uji titik (0,0) untuk mengetahui daerah yang akan diarsir dan menentukan DHP dengan melihat daerah yang terkena arsiran empat kali sedangkan subjek FD menentukan DHP dengan melihat daerah yang tidak terkena arsiran sama sekali. Subjek FI dan FD menentukan nilai maksimum dengan diselesaikan secara aljabar menggunakan metode substitusi yaitu mensubstitusi titik pojok DHP ke fungsi objektif dengan tepat. (4) dalam menyimpulkan hasil jawaban secara lisan maupun tulisan, subjek FI dan FD menyimpulkan solusi dari hasil yang didapatkannya dengan tepat. Kata kunci: Profil Komunikasi Matematis, Soal Program Linear, Gaya Kognitif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up