JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN KECERDASAN MUSIKAL DAN SISWA DENGAN KECERDASAN KINESTETIK DI MAN 2 KOTA PALU |
Nama: RABIYATUL ADAWIYAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Rabiyatul Adawiyah, 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Kecerdasan Musikal dan Siswa dengan Kecerdasan Kinestetik di MAN 2 Kota Palu. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing I Dasa Ismaimusa, Pembimbing II Pathuddin Tujuan Penelitian ini adalah (1) Memperoleh deskripsi hasil analisis pemecahan masalah matematika siswa dengan kecerdasan musikal di MAN 2 Kota Palu. (2) Memperoleh deskripsi hasil analisis pemecahan masalah matematika siswa dengan kecerdasan kinestetik di MAN 2 Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah satu siswa dengan kecerdasan musikal dan satu siswa dengan kecerdasan kinestetik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (a) Siswa yang memiliki kecerdasan musikal memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tergolong rendah. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan, yaitu : pada tahap (1) memahami masalah, siswa kurang teliti dalam mendapatkan informasi tentang apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Pada tahap (2) menyusun rencana, siswa dengan kecerdasan musikal tidak mampu mengungkapkan rencana menjelaskan rencana pemecahan masalah yang ingin dilakukan. Pada tahap (3) melaksanakan rencana, siswa dengan kecerdasan musikal tidak menuliskan secara lengkap langkah penyelesaiannya yaitu tidak menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Pada tahap (4) memeriksa kembali, siswa dengan kecerdasan musikal melakukan perhitungan kembali hanya pada langkah akhir atau tidak memeriksa dari awal penyelesaian yang mengakibatkan kekeliruan pada hasil akhir jawaban. (b) Siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cukup baik. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang diberikan, yaitu : pada tahap (1) memahami masalah siswa dengan kecerdasan kinestetik mampu mengungkapkan hal-hal apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada soal menggunakan bahasanya sendiri dengan. Pada tahap (2) menyusun rencana, siswa dengan kecerdasan kinestetik tidak dapat mengungkapkan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam menyelesaikan masalah. Pada tahap (3) melaksanakan rencana, siswa dengan kecerdasan kinestetik menuliskan secara lengkap apa saja yang diketahui dan ditanyakan dari soal secara lengkap. Pada tahap (4) memeriksa kembali, subjek dengan kecerdasan kinestetik memeriksa kembali hasil pekerjaannya dengan cara melihat dan menghitung kembali jawaban yang telah diperoleh sampai bisa dipastikan bahwa jawaban akhir yang subjek peroleh sudah benar. Kata kunci : analisis, pemecahan masalah matematika, kecerdasan musical, kecerdasan kinestetik |