JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH POLA BARISAN BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT DI SMPN 6 PALU |
Nama: NURUL ALFIAT |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Alfiat. 2021. Profil Pemecahan Masalah Pola Barisan Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent di SMP Negeri 6 Palu. Program Studi Magister Pendidikan Matematika.Program Pascasarjana. Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Sutji Rochaminah. (II) Muh Rizal Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa SMP Negeri 6 Palu dengan gaya kognitif FI dan FD dalam menyelesaikan soal pola barisan bilangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Palu sebanyak 29 siswa, 20 siswa dengan gaya kognitif FD dan 9 siswa dengan gaya kognitif FD. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa yang memiliki gaya kongnitif FI dengan skor 16 dan FD dengan skor 4. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu tes GEFT, tes pola barisan bilangan, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliuti kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan subjek FI mengindentikasi masalah dengan baik. Subjek FI memahami masalah dengan menyebutkan informasi yang teridentifikasi dari masalah dengan memisah bagian perbagian. Subjek FD mengidentifikasi dan menyebutkan informasi masalah setelah mengajukan pertanyaan agar mencocokan apa yang dipahaminya dengan informasi yang telah ada. Subjek FI merencanakan dengan pola yang dia buat sendiri dengan tepat. Subjek FD menggunakan tabel yang diperoleh dikelas terdahulu yang memerlukan waktu yang lama. Subjek FI melakukan perhitungan manual dan memperjelas pola hingga mendapatkan hasil yang membuat yakin dengan jawabannya. Sementara subjek FD tidak memiliki strategi lain dalam memeriksa pekerjaannya dan masih ragu kebenaran jawaban yang telah diperoleh Kata Kunci: Profil Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Field Dependent, Gaya Kognitif Field Independent. |