JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA SMP NEGERI 1 POSO YANG BERGAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER |
Nama: RAHMAT PRATAMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Poso yang bergaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan angket Visualizer and Verbalizer Questionnaire (VVQ), tes bangun ruang sisi datar, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek visualizer menuliskan informasi apa yang diketahui dalam soal dengan menuangkannya melalui simbol dan gambar, sedangkan subjek verbalizer menuliskan kalimat secara detail kemudian dijabarkan. Subjek visualizer berencana menggunakan ilustrasi melalui gambar, sedangkan subjek verbalizer berencana menggunakan permodelan matematika. Subjek visualizer mengerjakan soal dengan mengilustrasikan permasalahan kemudian diselesaikan melalui gambar, sedangkan subjek verbalizer mengerjakan soal dengan lebih terperinci dalam bentuk tulisan melalui permodelan matematika. Subjek visualizer memeriksa kembali hasil pekerjaannya pada gambar yang telah di buat, sedangkan subjek verbalizer memeriksa kembali hasil pekerjaannya pada permodelan matematika dari langkah awal hingga akhir. Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar, Visualizer, Verbalizer |