Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH PERSAMAAN KUADRAT SISWA TKJ SMK NEGERI 6 PALU DITINJAU DARI SELF EFFICACY
Nama: JUMRIANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Jumriani. 2021. Profil berfikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah persamaan kuadrat siswa TKJ SMK Negeri 6 Palu diTinjau dari Self Efficacy. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Muh. Rizal. (II) Mustamin idris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan profil berpikir kreatif dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat siswa SMK TKJ ditinjau dari self efficacy berdasarkan langkah pemecahan masalah oleh Polya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 6 Palu yang memiliki self efficacy tinggi dan self efficacy rendah. Hasil penelitian ini adalah : a) Subjek self efficacy tinggi pada tahap kefasihan dalam memahami masalah, subjek AN memberikan ide atau jawaban lebih dari satu ide dengan lancar dan penuh keyakinan. Tahap kebaruan subjek AN yakin dengan keaslian ide baru berusaha memberikan ide atau informasi dari soal yang belum pernah dia dapatkan atau kerjakan sebelumnya. Kefasihan dalam merencanakan pemecahan masalah subjek AN yakin dan lancar dalam memberikan strategi penyelesaian lebih dari satu dan menyatakan informasi yang diperoleh dari masalah cukup dan bisa digunakan dalam merencanakan pemecahan masalah M1. Fleksibilitas subjek AN sangat yakin dan mudah dalam memecahkan masalah dari beberapa perubahan ide atau jawaban lain yang berbeda dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, kebaruan subjek AN menemukan metode baru yang belum pernah dipelajari dengan lancar dan benar menggunakan bahasanya sendiri. Kefasihan dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek AN memiliki keyakinan yang tinggi dan menghasilkan lebih dari satu ide atau jawaban yang berbeda dan bernilai benar dalam upaya melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan rencana pemecahan masalah yang telah disusun dari awal dengan lancar dan menghasilkan beberapa alternatif solusi jawaban dan bernilai benar, fleksibilitas subjek AN sangat yakin dan mudah dalam memecahkan masalah dari beberapa perubahan ide atau jawaban lain yang berbeda dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah. Kebaruan subjek AN sangat yakin memberikan jawaban dengan metode yang belum pernah ada atau belum pernah di pelajari dalam menyelesaikan rencana pemecahan masalah. Kefasihan dalam memeriksa kembali subjek AN meyakini kebenaran jawaban yang diperoleh karena telah memeriksa kembali jawaban dengan menggunakan cara atau langkah yang benar dari beberapa alternatif jawaban yang ditandai dengan adanya coretan, fleksibilitas subjek AN dalam memeriksa kembali masalah 1 yaitu Subjek AN mudah dalam memberikan cara yang berbeda dalam memeriksa kembali jawaban yang telah di peroleh. b) Subjek Self Efficacy rendah, memenuhi indikator kefasihan dalam memecahkan masalah, memenuhi indikator fleksibilitas pada tahap pada tahap merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan pada tahap memeriksa kembali, memenuhi indikator kebaruan pada tahap memahami masalah. Keywords : Profil, Berfikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Self Efficacy.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up