Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI TINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DI KECAMATAN SARJO
Nama: AS'AD
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK As’ad. A 232 19 010. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika di Tinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP di Kecamatan Sarjo. Tesis, Program Magister Pendidikan Matematika. Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Mustamin Idris, Pembimbing (II) Sukayasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri di Kecamatan Sarjo menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain faktorial 2 ? 2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan motivasi. Variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner motivasi dan tes hasil belajar. Sampel penelitian siswa kelas VIII di kecamatan Sarjo yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Analisis data menggunakan analisis varians dua-jalur dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran pada model PBL dengan pendekatan saintifik lebih baik dari pembelajaran pada model PBL non saintifik terhadap hasil belajar matematika; (2) siswa kemampuan motivasi tinggi lebih baik dari siswa yang kemampuan motivasi rendah terhadap hasil belajar matematika; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa; (4) Khusus untuk motivasi tinggi pada siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Sarjo yang diajar dengan model pembelajaran PBL Saintifik hasil belajar matematika lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL Non Saintifik; (5) Khusus untuk motivasi rendah pada siswa kelas VIII SMPN di Kecamatan Sarjo yang diajar dengan model pembelajaran PBL Saintifik hasil belajar matematika lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL Non Saintifik. Kata kunci: model pembelajaran, Pendekatan saintifik, motivasi belajar dan hasil belajar matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up