Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL SPASIAL
Nama: Indah Suarni
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Indah Suarni. 2021. Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palu da6ylam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Sukayasa. (II) Sutji Rochaminah. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh profil berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari kecerdasan visual Spasial. Subjek penelitian ini adalah satu siswa yang memiliki kecedasan visual spasial. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu tes kecerdasan majemuk, tes pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliuti kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan visual spasial pada tahap memahami masalah menunjukkan bahwa subjek memenuhi indikator berpikir kreatif yaitu indikator kefasihan (fluency) dan kebaruan (novelty). Tahap menyusun rencana penyelesaian masalah menunjukkan bahwa subjek memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif yaitu indikator kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility) dan kebaruan (novelty). Tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah menunjukkan bahwa subjek memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif yaitu indikator kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility) dan kebaruan (novelty). Tahap memeriksa kembali menunjukkan bahwa subjek memenuhi indikator berpikir kreatif yaitu indikator kefasihan (fluency) dan kebaruan (novelty). Kata Kunci: Profil, Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar, Kecerdasan Visual Spasial.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up